Pages - Menu

Thursday, November 22, 2007

Mengenal Bagian-bagian RAM

Secara fisik, komponen PC termasuk komponen dengan ukuran yang kecil dan sederhana, dibandingkan dengan komponen lainnya.
Secara sekilas, ia hanya berupa sebuah potongan kecil PCB, dengan beberapa tambahan komponen hitam. Dengan tambahan titik-titik Contack point, untuk berinteraksi dengan motherboard.

  1. PCB (Printed Cirkuit Board)

Pada umumnya, papan PCB berwarna hijau. Pada PCB inilah beberapa komponen chip memory terpasang. PCB ini sendiri tersusun dari beberapa lapisan (layer). Pada setiap lapisan terpasang jalur atau sirkuit, untuk mengalirkan listrik dan data. Secara teori, semakin banyak layer yang digunakan pada PCB memory, akan semakin luas penampang yang tersedia dalam merancan jalur. Ini memungkinkan jarak antara jalur dan lebar jalur dapat diatur dengan lebih leluasa, dan menghindari noise interferensi antar jalur pada PCB. Dan secra keseluruhan akan membuat modul memory tersebut lebih stabil dan cepat kinerjanya. Itulah sebabnya pada beberapa iklan untuk produk memory, menekankan jumlah layer pada PCB yang digunakan modul memory produk yang bersangkutan.

  1. Contact Point/Contact finger/edge connector/lead

Saat modul memory dimasukkan ke dalam slot memory pada motherboard, bagian inilah yang menghubungkan informasi antara motherboard dari dan ke modul memory. Konektor ini biasa terbuat dari tembaga ataupun emas. Emas memiliki nilai konduktivitas yang lebih baik. Namun konsekuensinya, dengan harga yang lebih mahal. Sebaiknya pilihan modul memory disesuaikan dengan bahan konektor yang digunakan pada slot memory motherboard. Dua logam yang berbeda, ditambah dengan aliran listrik saat PC bekerja lebih memungkinkan terjadinya reaksi korosif.

Pada kontak point, yang terdiri dari ratusan titik, dipisahkan dengan lekukan khusus. Biasa disebut sebagai notch. Fungsi utamanya, untuk mencegah kesalahan pemasangan jenis modul memory pada slot DIMM yang tersedia di motherboard. Sebagai contoh, modul DDR memiliki notch pada jarak 71 mm dari ujung PCB. Untuk SDRAM, lebih gampang dibedakan, dengan adanya 2 notch pada contact point-nya.

  1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Suatu komponen-komponen berbentuk kotak-kotak hitam yang terpasang pada PCB modul memory yang disebut dynamic, karena hanya menampung data dalam periode waktu yang singkat dan harus di-refresh secara periodik. Sedangkan jenis dan bentuk dari DDRAM atau memory chip ini sendiri cukup beragam.

  1. Chip Packaging

Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan kemasan chip. Ini merupakan lapisan luar pembentuk fisik dari masing-masing memory chip.

No comments: